Senin, 10 Maret 2014

Strategy To Grow



Refleksi Minggu Ke dua (strategi to grow)

Pak Dahlan Iskan ketika berbicara bagaimana suatu entitas bisnis atau seorang entreprener itu bertumbuh. Ia membuat diskripsi yang sederhana tapi mengena. Di mana ia menceritakan bagaimana temannya dari jualan sato toples permen menjadi usaha yang sangat besar. Modalnya adalah ternyata bisa dipercaya. Menumpuk-numpuk kepercayaan hingga menjadi bukit emas kepercayaan. Sehingga orang lain berbondong-bondong mempercayai kita. Pak dahlan mengatakan bahwa begitu satu pintu kesuksesan terbuka, maka pintu-pintu yang lain akan terbuka. Ini menunjukkan bahwa sukses membawa sukses. Sukses itu mengikuti the law of domino effect of succes.
Lain halnya dengan Mr Sandiago Uno, beliau mengatakan bahwa untuk bertumbuh kita harus bisa menerima kehadiran orang lain dalam bisnis kita. Kita butuh mitra, butuh karyawan yang bersama-sama menjalin kerangka kesuksesan.  Beliau memetakan tantangan untuk tumbuh menjadi tiga yaitu acces to human capital (dibalik angka, produk, dan jasa ada orang-orang yang menciptakannya), Acces to market (pasar adalah inti dari suatu bisnis. Ia bisa menciptakan uang bagi kelanjutan hidup usaha) dan Acces to capital

Lebih seru lagi pak Sudhamek ketika diwawancarai tentang membesarkan usaha, beliau lebih menekankan bagaimana bisnis itu bukan hanya sekedar cari untung. Bisnis itu hidup tapi juga memberikan penghidupan atau memberikan manfaat bagi sesuatu atau orang lain. Bisnis harus memperhatikan 3 P (Profit, Peaple and Planet). Intinya bisnis harus berlandaskan nilai luhur yang bisa digali di kebijakan orang timur.
Mengenai tantangan dalam setiap industri pak Sudhamek menjelaskan bahwa setiap industri itu ada battle field-nya masing-masing. Bagi seorang entreprener harus tahu itu dengan jelas dengan cara melakukan environment scanning. Seorang entreprener harus terus berfikir untuk menciptakan nilai tambah untuk bisa sustainable.
Di lain pihak pak Anthonius Tannan lebih menekankan arti penting filosofi-filosofi pak ciputra tentang pelanggan. “Pelanggan adalah sumber informasi, inspirasi dan inovasi”. Pelanggan adalah peluanga. Peluang adalah pelanggan bawa uang datang berulang-ulang.
The last but not the least, Mr Nur Agustisnus lebih menekankan fase-fase yang dilalui dalam bisnis, mulai dari intro, growth, mature and declice, serta apa yang harus dilakukan seorang entreprenur dalam setiap fase tersebut.
Adalah kuliah yang inspiratif dan menarik buat benih-benih pengusaha Indonesia masa depan.
Salam entreprener UC Onliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar